Jumat, 12 Juni 2009

Memahami dan Mengenal Kesehatan Emosional Remaja, Bantuan Yang Bisa Diberikan, Cara-cara Menyiapkan Remaja, Tanda Bahaya dan Penanganannya

Apa yang sebaiknya kita ketahui tentang kesehatan emosional remaja? Masa usia remaja adalah masa transisi atau peralihan dari masa kanak-kanak/kecil ke masa usia dewasa. Usia remaja sering melawan dengan menjadi tergantung dengan orang tuannya sementara mereka berkeinginan kuat untuk menjadi diri yang mandiri. Mereka juga merasa bingung dengan perubahan-perubahan fisik dan emosional yang mereka lalui.

Pada waktu yang sama, usia remaja mungkin menghadapi berbagai tekanan dari teman-temannya untuk menyesuaikan diri dan dari orang tua mereka serta dari orang dewasa lainnya untuk berbuat baik. Pada usia belasan tahun adalah penting jika anak anda menonjolkan kepribadiannya.

Apa bantuan yang dapat anda berikan?

Komunikasikan rasa cinta anda terhadap anak anda adalah salah satu hal terpenting yang dapat anda lakukan. Anak-anak beranggapan tentang diri mereka sendiri secara global melalui bagaimana orang tua mereka bereaksi terhadap mereka. Untuk alasan ini, merupakan hal penting bagi orang tua untuk membantu buah hati mereka agar merasa senang, gembira, baik tentang diri mereka. Selain itu, penting untuk memberitahukan pentingnya anda dan menentukan batasan-batasan dan harapan seperti meminta dengan tegas dan jujur, pengendalian diri dan rasa hormat terhadap orang lain, sambil tetap membiarkan remaja untuk memiliki keleluasaan atau kelonggaran sendiri.

Seringkali Para orang tua mencari jati diri remaja hanya dari masalah yang mereka buat, dan mereka mungkin memberikan umpan balik yang biasanya bersifat negatif dan kecaman atau kritik pada remaja mereka. Meskipun para remaja memerlukan feedback atau umpan balik, mereka lebih merespon terhadap umpan balik yang positif. Ingatlah agar memberikan pujian tindakan-tindakan dan perilaku yang sesuai, pantas, baik, dan positif agar dapat membantu remaja merasa berharaga dan berprestasi dan memeperkuat nilai-nilai keluarga anda.

Menempatkan hubungan kasih sayang dari awal dalam suatu hubungan orang tua dan anak akan dapat membantu anda dan anak anda melewati masa-masa remaja.

Lembaga pendidikan akademi psikiatri anak dan remaja amerika (The American Academy of Child and Adolescent Psychiatry/AACAP) menyarankan cara-cara bagi para orang tua dalam mempersiapkan anak-anak mereka pada saat usia belasan tahun/remaja. Cara-cara tersebut antara lain:
  1. Menyediakan suatu lingkungan rumah yang aman dan penuh kasih sayang
  2. Menciptakan suasana kejujuran, kepercayaan dan saling menghormati
  3. Memeperbolehkan kebebasan dan ketegasan sesuai umur.
  4. Mengembangkan suatu hubungan yang mendukung atau mendorong para remaja untuk berbicara pada para orang tua saat mereka gelisah atau dalam masalah.
  5. Mengajarkan tanggung jawab bagi dan terhadap anak termasuk anda sendiri.
  6. Mengajarkan tanggung jawab dasar terhadap pekerjaan rumah tangga.
  7. Mengajarkan pentingnya menerima keterbatasan-keterbatasan yang sudah ditetapkan sesuai usia.
Apa saja tanda-tanda peringatan yang sebaiknya anda perhatikan?

Ingatlah bahwa anak remaja anda mungkin bereksperimen dengan harga dirinya, ide atau pendapatnya, gaya rambut dan cara berpakaian untuk mendefinisikan dan menjelaskan tentang jati diri mereka. Ini adalah tingkah laku yang biasanya normal terjadi pada remaja dan anda tidak perlu mencemaskannya. Akan tetapi, perilaku yang tidak sesuai, tidak pantas dan negatif atau merusak dan merugikan dapat menjadi satu tanda dari masalah dan tanda peringatan untuk diperhatikan.

Usia remaja, khususnya mereka yang merasa kurang harga dirinya atau mempunyai masalah keluarga adalah remaja dengan resiko tinggi untuk timbulnya perilaku-perilaku merugikan, negatif atau merusak diri sendiri seperti penggunaan obat-obat terlarang, alkoholisme atau perilaku seksual yang menyimpang dan tidak aman. Depresi dan gangguan pola makan (tidak teratur) adalah merupakan isu-isu kesehatan yang sering dihadapi para remaja.

Berikut ini mungkin tanda-tanda peringatan atau tanda bahaya bahwa anak anda sedang mempunyai masalah:
  1. Terlihat resah dan gelisah
  2. Berat badan turun atau bertambah
  3. Gangguan konsentrasi
  4. Perasaan sedih yang terus menerus
  5. Tidak peduli dengan orang lain atau hal-hal lain.
  6. Kurang atau tidak memiliki motivasi
  7. Lemah, lesu, kehilangan energi/tenaga dan kurang atau tidak tertarik dalam beraktifitas.
  8. Merasa rendah diri dan tidak berharga
  9. Susah tidur
  10. Melawan undang-undang atau aturan
Apa yang sebaiknya anda lakukan jika terjadi masalah-masalah diatas?

Bekerja bersama-sama untuk menjaga dan memelihara komunikasi terbuka. Jika anda menduga ada suatu masalah, tanyakan kepada anak remaja anda apa yang mengganggunya. Jangan abaikan suatu masalah dengan harapan masalah tersebut akan pergi dengan sendirinya. Akan lebih mudah untuk menanggulangi masalah-masalah yang ada saat masalah tersebut masih kecil atau ringan. Hal ini juga memberikan anda dan anak anda kesempatan untuk belajar bagaimana bekerja melalui masalah itu secara bersama-bersama. Jangan kuatir untuk meminta bantuan dalam berususan atau berhadapan dengan anak remaja anda. Banyak sekali sumber-sumber bantuan yang dapat anda minta, seperti dokter, psikolog atau konsultan lainnya

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP