Sabtu, 13 Juni 2009

TANAMAN OBAT – SALAM

KLASIFIKASI : Salam disebut Eugenia polyanthum Wight. atau E. lucidula Miq. termasuk ke dalam famili tumbuhan Myrtaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah meselangan, ubar serai, gowok, manting atau kastolam.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain :

Minyak atsiri (0,05 %) yang mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat;

Daun : Rasa kelat, wangi. Astringent. Memperbaiki sirkulasi.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, kulit batang, buah dan akar.

UJI KLINIK/PRA KLINIK

1. Uji pra klinik efek anti diare dari daun salam telah dicobakan pada tikus dan menunjukkan bahwa efek anti diarenya tidak jauh berbeda dengan loperamid.

2. Uji pra klinik efek anti hipertensi diperlihatkan dengan adanya penurunan tekanan darah arteri tikus jantan yang dibuat hipertensi, namun dengan pola penurunan yang berbeda dengan verapamil.

3. Uji pra klinik efek hipoglikemia ditunjukkan dengan penurunan kadar gula tikus yang setara dengan tolbutamid.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Diare. Daun 15 g dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring, minum sekaligus. Atau kulit batang dipotong-potong diseduh dan diminum sebagai teh.

2. Kencing manis. Daun 7 lembar dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.

3. Sakit maag. Daun 15- 20 lembar dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

4. Mabuk akibat alkohol. Satu genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring lalu diminum.

5. Kudis, gatal. Daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP