Sabtu, 13 Juni 2009

TANAMAN OBAT - PURING

TANAMAN OBAT - PURING

KLASIFIKASI : Puring disebut Codiaeum variegatum(L.) Bl. termasuk ke dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah tarimas, pudieng, karoton,katomas atau susurite. Sedangkan nama asing untuk tumbuhan ini Croton atau Garden croton.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kandungan kimianya belum banyak diketahui kecuali getahnya mengandung tanin.

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina disebutkan tanaman ini memiliki rasa pahit, dingin, beracun. Melancarkan peredaran darah, peluruh keringat dan pencahar ringan. Akar dan kulit batang mempunyai rasa pedas, yang berkurang bila digodok bersama dengan scutellaria.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, ranting muda, akar dan kulit batang.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Perut mulas.

Akar puring sepanjang satu jari ditambah 3 lembar daun sesuru (Euphorbia nerifolia L.) ditumbuk sampai halus, tambahkan air secukupnya lalu disaring dan diminum. Setelah minum ramuan ini akan sedikit diare karena berkhasiat pencahar, tapi sakit perutnya menghilang.

2.Sakit perut pada anak-anak.

Daun puring berwarna kuning yang masih mudadan segar, secukupnya dilumatkan sampai halus, tambahkan sedikit air bersih sampai menjadi bahan seperti bubur. Balurkan pada perut anak.

3. Sifilis. Satu batang puring seutuhnya dicuci bersih lalu digodok dengan 5 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring lalu dibagi untuk 3 kali minum. Diminum dengan air gula seperlunya.

4. Sukar berkeringat, eksema. Rebus daun secukupnya, minum.

5. Cacingan, nafsu makan berkurang. Rebus ranting muda secukupnya, minum.

6. Sembelit, kejang lambung, kehilangan selera, penyakit saluran kencing pada anak-anak. Rebus akar dan kulit batang secukupnya, minum.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP