Sabtu, 13 Juni 2009

TANAMAN OBAT - KEMUNING

KLASIFIKASI : Kemuning disebut Murraya paniculata (L.) Jack Termasuk ke dalam famili tumbuhan Rutaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah jenar, kamoneng, tajuman, kalajeni, kahabar, karizi, sukik, haumi, kayu gading, kamoni dan palopo.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain :

Daun : Mengandung cadinene,methyl anthranilate, bisabolene, betha-caryophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl salicilate, s-quaiazulene, osthole peniculatin,coumurrayin.

Kulit : Mengandung mexotionin,5-7-dimethoxy-8 (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin.

Bunga : Scopoletin.

Buah : Semi-alfa-carotenone.

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat. Rasa pedas, pahit, hangat. Masuk meridian jantung, lever dan paru-paru. Pematirasa, penenang, anti-radang, menghilangkan bengkak, anti rematik, melancarkan peredaran darah, anti-tiroida.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Bisul. Akar kering 30 gram dicuci bersih, digodok dengan 3 gelas air bersih sampai menjadi 1 gelas, setelah dingin diminum.

2. Rematik, memar terpukul. Akar kering 15 - 30 gram dicuci bersih, kemudian digodok dengan arak dan air, minum.

3. Sakit gigi. Minyak dari kulit batang kemuning yang dibakar, dioleskan kedalam gigi yang berlubang, segera hubungi dokter gigi untuk ditambal.

4. Menguruskan badan. Segenggam penuh daun kemuning ditambah segenggam penuh daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan 1/2 jari kelingking temu giring, ditumbuk halus sambil ditambahkan 1 cangkir air, kemudian diperas dengan sepotong kain. Minum pagi-pagi sebelum makan.

5. Infeksi saluran kencing. Daun atau akar kering 9 - 15 gr (30 - 60 gr segar direbus, minum).

6. Datang haid tidak teratur. Daun atau akar kering 9 - 15 gr (30 - 60 gr segar direbus, minum).

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP