Sabtu, 13 Juni 2009

TANAMAN OBAT – KESUMBA KELING

KLASIFIKASI : Kesumba keling disebut Bixa orellana L. atau PigmentariaRumph. termasuk ke dalam famili tumbuhan Bixaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah buah prada, kunyit jawa, galinggem, paparada atau galuga, sedangkan nama asing rocouyer, orleanbaum atau arnatto tree.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l :

- Batang dan daun : Tanin, calcium oxalate,saponin, lemak.

- Daun, akar dan biji :Zat warna, bixine,orelline, glucoside, zat samak, damar.

- EFEK FARMAKOLOGIS : Peluruh kencing (diuretik), membersihkan panas dan menetralkan racun.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Seluruh tumbuhan.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Masuk angin.

Daun kesumba keling ¼ genggam, daun poko ¼ genggam, cabe jawa 3 buah, gula enau 3 jari dicuci lalu digodok dengan 3 gelas minum air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas, setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 - 3 kali minum.

2. Demam.

Daun 1/3 genggam dicuci lalu digodok dengan 3 gelas minum sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin lalu disaring, tambahkan air gula seperlunya, dibagi untuk dua kali minum. Untuk luarnya daun diremas-remas dengan air dan air remasannya untuk membasahi kepala.

3. Kurang nafsu makan.

Daun 3/5 genggam dicuci bersih lalu digodok dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin lalu disaring dan dibagi untuk 3 kaliminum. Diminum dengan madu seperlunya.

4. Diare.

Daun sepertiga genggam dicuci lalu digodok dengan 2gelas minum air bersih sampai tersisa gelas. Setelah dingin disaring dan tambahkan madu seperlunya, dibagi untuk 2 kali minum.

5. Oedem, perut kembung, masuk angin, pendarahan.

Untuk 5 s/d 8, rebus 3 - 10 gram daun, rebus dengan 3 gelas air sampai tinggal 2 gelas, saring dan bagi untuk 2 - 3 kali minum.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP