Sabtu, 13 Juni 2009

TANAMAN OBAT – KAYU MANIS CINA

KLASIFIKASI : Kayumanis cina disebut Cinnamomum cassia Presl atau Cinnamomum aromaticumNees. Termasuk ke dalam famili tumbuhan Lauraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah juga kayu manis cina, dan nama asingnya Chinese kaneel, chinese cinnamomum atau bastardcinnamomum.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain :

Kulit kayu : Cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzeylanol, cinnzeylanine, phenylpropyl acetate, tanin, saffrol.

Buah mentah : Cinnamicaldehyde, coumarin, trans-cinnamic acids, beta sitosterol, choline, protocatechuric acid, syringic acid.

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat :

Kulit kayu : Pedas, manis,panas, sedkit beracun (toksik). Masuk meridian ginjal, limpa dan kandung kemih. Menguatkan “Yang”, menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit, menambah napsu makan (stomakik), peluruh kentut(karminatif).

Ranting muda : Pedas, manis, hangat. Masuk merindian kandung kemih, jantung dan paru-paru. Peluruh keringat (diaforetik), mengendurkan otot (muscle relaxant), menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian, melancarkan pernapasan.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan kulit kayudan ranting. Dijemur untuk penyimpanan.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANNYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Sakitlambung, diare, gangguan pencernakan. Bubuk kulit kayu 1,5 g diseduh dengan airhangat, minum, lakukan 2 kali sehari.

2. Shock, demam, kaki tangan berkeringat. Batuk karena paru-paru dingin, sesak napas,rematism. Nyeri haid (dysmenorrhea), tidak datang haid (amenorrhea) Tekanan darah tinggi, nyeri pada ujung jari (frost-bite), Tumor dalam perut (tumorabdomen). Bubuk kulit kayu 0,5 - 2,5 g diseduh dengan air hangat, minum, lakukan 2 kali sehari.

3. Demam, flu karena angin dingin, batuk sesak. Bengkak menahan cairan, bengkak karena jantung dan ginjal. Sakit otot (reumatism), Nyeri haid, tidak datang haid. Epilepsi. Bubuk ranting muda 1,5 - 6 g digodok atau digiling menjadi bubuk.

PERHATIAN : Sedikit beracun; wanita hamil, penderita demam, Yin lemah, Yang kuat, penyakit pendarahan, dilarang minum.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP