Sabtu, 13 Juni 2009

TANAMAN OBAT - JOMBANG

KLASIFIKASI : Jombang disebut Taraxacummongolicum Hand -Mazz atau T. officinale Weber et Wigers atau Leontodon sinense atau Taraxacumdandelionis Dost. termasuk ke dalam famili tumbuhan Compositae atau Asteraceae. Nama daerahnya jombang dan dengan nama asing dandelion.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini memiliki banyak kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain : Taraxsterol, choline, inulin, pektin, coumestrol.

Akar : taraxol, taraxerol, taraxasterol, beta-amyrin, stigmasterol, beta-sitosterol, choline, glukosa, fruktosa.

Daun : lutein, violaxanthin, plastoquinone, vitamin C, D.

Bunga : arnidiol, flavoxanthin.

Polen : beta - sitosterol, 5 alpha-stigmast-7-en-3 betaol, asam folat dan vitamin C.

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat; Rasa manis, pahit dan dingin. Masuk meridian lever dan lambung. Antibiotik, anti radang, anti-swelling, menghilangkan panas dan racun. Akar bersifat diuretik, menghilangkan panas, penguat lambung, menambah nafsu makan, melancarkan ASI dan anti-diabetes. Khusus akar bisa digunakan sebagai hepatoprotektor untuk penyakit liver kronis.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Seluruh tanaman dan rimpang, segar atau dikeringkan.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Radang/abses payudara. Tanaman segar dicuci, godok dengan 3 gelas jadi 1. Saring, minum,sehari 1-2 kali. Untuk luarnya, tanaman segar dicuci bersih, giling halus, tempelkan ke tempat yang sakit.

2. Radang kandung empedu. Tanaman segar 30 gram digodok, minum. (Saran 3x2 kapsul per hari )

3. Bisul. Tanaman segar dicuci, ditumbuk sampai halus, peras, tempelkan pada bisul, dibalut. Air perasannyadicampur arak, minum untuk mengeluarkan keringat..

4. Luka bakar dan tersiram air panas. Akar segar ditumbuk, peras, airnya untuk mengoles yang luka.

5. Sakit maag kronis. Tanaman segar 15 gram dicuci bersih lalu digodok. Tambahkan 1 sendok makan arak beras, dibagi untuk 3 kali minum, sesudah makan.

6. Tumor pada sistem pencernakan (esophagus, lambung, usus, hati, pancreas). (Saran 3x2 kapsul per hari )

7. Kanker payudara, paru-paru, cervix uteri dan gusi. Tanaman 20 - 60 gram, digodok atau ditumbuk, air perasannya diminum, (bisa dicampuri). (Saran 3x2 kapsul per hari )

8. Memperbanyak ASI dan memperbaiki pencernakan. Akar/rimpang segar 30 gram dipotong kecil-kecil, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, dinginkan, diperas dan disaring. Minum sehari dua kali, sama banyak, pagi dan sore. (Saran 3x2 kapsul per hari )


0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP