Jumat, 12 Juni 2009

Diabetes dan Penyakit Jantung Serta Tips Mengurangi Faktor-Faktor Resikonya

Orang-orang yang memunyai penyakit diabetes atau kencing manis mempunyai potensi atau kemungkinan tinggi untuk terkena penyakit jantung. Pada seorang penderita penyakit diabetes atau kencing manis, mereka mempunyai kadar atau level kandungan gula darah yang lebih tinggi dari yang seharusnya. Kondisi dimana kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat berakibat dan menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian-bagian tubuh termasuk didalamnya kerusakan pada pembuluh darah yang berkaitan dengan jantung. Beberapa pola dan gaya hidup yang tidak sehat mungkin juga turut andil dalam meningkatkan resiko timbulnya penyakit jantung. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko pada diri anda:

Kendalikan kadar gula darah

Menjaga kagar gula darah dalam keadaan normal akan mengurangi resiko seseorang dari penyakit jantung. Banyak sekali para penderita diabetes melakukan pemeriksaan kadar gula darah mereka secara rutin tiap hari untuk memastikan bahwa obat yang mereka konsumsi, diet yang mereka rencanakan dan jalankan serta olahraga (Diabetes dan olahraga) yang mereka lakukan berhasil dengan baik untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan seringnya melakukan olahraga, diet secara sehat banyak penderita diabetes tipe 2 dapat menjaga kandungan kadar gula darah mereka mendekati keadaan normal dengan cara diatas. Dan ada juga beberapa penderita yang memerlukan obat-obatan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah mereka.

Kurangi berat badan jika Berat badan melebihi Normal dan pertahankan Berat badan ideal

Diabetes, memiliki berat badan yang berlebihan atau overweight dan penyakit jantung seringkali berjalan bersamaan. Mengurangi berat badan pada overweight sangat membantu banyak dalam mengurangi masalah kesehatan. Suatu contoh, jika seseorang dengan tekanan darah tinggi, dengan mengurangi berat badan dapat membantu memberikan penurunan pada tekanan darah. Jika kadar gula darah anda sulit untuk di kontrol agar mendekati normal, menurunkan berat badan mungkin dapat membantu.

Mengurangi berat badan adalah merupakan satu hal penting jika anda mempunyai banyak kelebihan berat badan disekitar perut dan pinggang. Orang-orang yang mempunyai kelebihan lemak atau bantalan lemak pada daerah pinggang mempunyai resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dari pada orang-orang yang mempunyai kelebihan berat badan pada daerah pinggul atau paha.

Anda tidak perlu menurunkan berat badan anda dalam jumlah yagn sangat besar untuk menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Anda sudah menurunkan berat badan 10 pound saja itu sudah membantu.

Turunkan Kadar kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat berakibat pada penyumbatan pada arteri-arteri yang membawa dan mensuplai darah ke seluruh tubuh. Kita sering mendengar dua hal tentang kolesterol yaitu koelsterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat atau LDL kolesterol dapat menyumbat arteri-arteri yang mensuplai darah dan berakibat terjadinya penyakit jantung. Kolesterol baik atau good cholesterol atau disebut juga HDL kolesterol berfungsi membawa kolesterol yang tidak diperlukan oleh tubuh keluar dari jaringan tubuh sehingga kolesterol ini dapat menurunkan resiko dari terserang penyakit jantung.

Jika dalam pemeriksaan darah ternyata hasilnya anda mempunyai kolesterol tinggi, apa yang dapat anda lakukan?. Anda perlu menurunkan berat badan jika anda dalam kondisi overweight dan juga diet dengan diet yang sehat. Dalam diet tersebut sebaiknya dibatasi jumlah konsumsi lemak serta makanan yang kaya akan kolesterol. Kedua hal tersebut dapat membantu anda dalam menurunkan kadar kolesterol. Lakukan latihan olahraga secara teratur 4-6 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit. Olahraga dapat membantu menarik kolesterol jahat keluar dari tubuh disamping itu juga dapat menurunkan dan mengendalikan tekanan darah tinggi tinggi.

Untuk lebih jelas tentang perencanaan diet sehat bagi anda, tanyakan hal tersebut dengan dokter dan ahli gizi tentang diet rendah kolesterol. Jika diet ternyata tidak dapat menurunkan kadar kolesterol, konsumsi obat anti kolesterol mungkin dapat membantu. Tanyakan tentang obat yang terbaik dan tepat untuk anda konsumsi. Obat yang tepat dan terbaik untuk anda tergantung pada kondisi kesehatan dan kebutuhan khusus individu.

Tingkatkan aktifitas fisik atau olahraga

Selama program diet anda jelankan, olahraga sangat penting bagi penderita diabetes. Diet dan olahraga bekerja secara bersama-sama membantu tubuh bekerja dengan baik. Jika anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan, maka latihan olahraga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Anda bersama dokter dapat membuat dan merencakan olahraga yang tepat untuk anda dan tentu saja aman sesuai dengan kondisi kesehatan anda. Anda tidak perlu peralatan olahraga yang mahal untuk mendapatkan olahraga yang baik. JALAN CEPAT, naik turun tangga atau elevator adalah olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung dan upaya menurunkan berat badan.

Seperti pada diet yang sehat, olahraga juga dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap dalam ukuran normal dan dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

Kontrol tekanan darah

Biasanya penderita diabetes juga mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi juga. Tekanan darah tinggi adalah merupakan faktor resiko yang besar untuk dapat timbulnya penyakit stroke (rehabilitasi stroke) serta meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan ginjal.

Perubahan-perubahan gaya hidup dalam menurunkan kadar gula darah diatas juga akan membantu dalam menjaga tekanan darah pada tingkat yang aman. Penurunan berat badan, latihan olahraga teratur juga sangat membantu dalam menjaga dan menurunkan tekanan darah jika ada hipertensi atau tekanan darah tinggi. Makin banyak berat badan turun makin besar pula tekanan darah akan turun. Hal penting yang perlu anda lakukan juga adalah jangan minum alkohol.

Berhentilah merokok.

Merokok tidak baik bagi siapapun, serta berbahaya bagi penderita diabetes karena dapat merusak pembuluh darah. Jika seorang penderita diabetes dan orang tersebut adalah perokok, maka orang tersebut mempunyai resiko dua kali lipat untuk terserang penyakit jantung. Jika penderita tetap merokok sementara itu dia berusaha untuk menurunkan faktor resiko lain seperti menurunkan kelebihan berat badan, kemungkinannya adalah orang tersebut tidak dapat melakukan olahraga dengan baik dan kemungkinannya juga tidak mendapatkan penurunan berat badan seperti apa yang diinginkan.

Perhatikan dan Ingatlah

Ingat bahwa, diabetes dan penyakit jantung saling berhubungan. Diabetes, dengan berat badan berlebih atau overweight dan kondisi tekanan darah tinggi adalah saling berhubungan. Diet dan olahraga adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengendalikan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan memutus resiko timbulnya penyakit jantung.

Jika diet dan olahraga teratur kurang cukup memberikan bantuan, konsumsi obat-obatan (dari rekomendasi dokter) dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah. Anda dapat melakukan banyak untuk membantu usaha anda dalam mengatasi masalah tersebut

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP