Jumat, 05 Juni 2009

Membaca Pikiran Orang dengan Komputer

Perbesar font foto berita artikel

Beberapa peneliti di Amerika sedang melakukan penelitian mengenai sebuah komputer yang telah dilatih untuk ‘membaca’ pikiran orang dengan melihat pada proses scan otak mereka ketika mereka memikirkan kata-kata yang spesifik. Para peneliti mengharapkan bahwa hasil karya penelitiannya dapat dimasukkan ke dalam Journal Science.

Penelitian dilakukan selama 10 atau 15 tahun dan menggunakan gambaran magnetic resonance, sebuat tipe scan otak yang dapat melihat aktivitas otak secara real-time. Para peneliti mengkalibrasi komputer dengan sembilan siswa relawan yang mencoba memberikan gambaran aktivitas otak dengan berpikir mengenai 58 kata yang berbeda.

“Kami memberikan instruksi ke para relawan mengenai apa yang hendak kami katakan kepada mereka. Kami akan menunjukkan Anda sebuah kata dan kami ingin setelah Anda melihatnya, pikirkanlah mengenai definisi mengenai kata tersebut.”, kata Tom Mitchell, ketua kelompok penelitian tersebut.

Setelah tes dilakukan, Mitchell mengatakan bahwa ada dua kata yang tidak Anda lihat yaitu celery dan airplane, dan kemudian ia bertanya komputer untuk memilih manakah kata dari pikiran koresponden yang cocok dengan komputer. Hasilnya, komputer mampu melalui tes tersebut dan mampu memprediksikan kapan gambar dalam otak diambil ketika seseorang berpikir tentang celery dan kata yang diberikan peneliti adalah airplane. Untuk mengikuti tes yang diberikan, para relawan harus fokus dan harus duduk atau berbaring untuk beberapa menit. Mitchell sedikit terkejut mengenai aktivitas otak dari para relawan terlihat sama, meskipun diakui Mitchell, dalam proses tes aktivitas otak ini diperlukan ketelitian yang sungguh-sungguh sehingga hasilnya akurat dan dapat dipercaya. Namun, penelitian ini masih terus dikembangkan dan belum diketahui mengenai spesifikasi komputer dan cara kerjanya secara detail.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP