Jumat, 12 Juni 2009

Rendahnya Kadar Vitamin B-12, penyebab,Pengaruhnya Pada Tubuh dan Penanganannya

Vitamin B-12 adalah suatu vitamin penting yang biasanya bersumber dan didapatkan dari makanan yang anda makan setiap harinya. Vitamin B-12 terutama dapat anda temukan pada makanan seperti daging dan produk-produk susu. Vitamin B-12 membantu anda dalam membuat sel-sel darah merah (thrombosit) dan menjaga agar sistem saraf kita bekerja dan berfungsi dengan baik.

Para vegetarian yang tidak makan daging atau produk-produk susu mempunyai resiko lebih tinggi kekurangan vitamin B-12 dan biasanya akan terjadi sekitar 2 tahun setelah mereka menjadi seorang vegetarian. Akan tetapi, mayoritas orang-orang dengan kadar vitamin B-12 yang rendah dalam tubuhnya bukan merupakan vegetarian sempurna/tegas. Kebanyakan orang yang mengalami kadar vitamin B-12 yang rendah biasanya mempunyai masalah dalam penyerapan vitamin B-12 dari usus halus.

Apa saja yang terjadi jika kadar vitamin B-12 kita rendah?

Anda mungkin tidak mempunyai gejala apapun jika rendahnya kadar vitamin B-12 hanya sedikit. Akan tetapi, kadar vitamin B-12 yang sangat rendah dapat menyebabkan anemia, depresi, demensia atau gangguan serius pada sistem saraf.

Beberapa orang dengan kadar vitamin B-12 yang rendah juga mempunyai kandungan kadar hemosistein (asam amino dalam darah) yang tinggi dalam darah. Jika anda mengalami dua hal diatas (kadar vitamin B-12 rendah dan kadar hemosistein tinggi), anda berkemungkinan mempunyai resiko lebih tinggi terserang penyakit jantung dan stroke.

Apa yang menjadi penyabab terganggunya penyerapan vitamin B-12?

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan penyerapan vitamin B-12:
  • Anda penderita anemia pernisiosa, penyakit ini dapat merusak sel-sel dalam usus dimana sel ini berfungsi membantu dalam penyerapan vitamin B-12.
  • Penggunaan obat-obatan untuk ulkus dan maag jangka panjang yang dapat berakibat kemungkinan terjadinya masalah gangguan penyerapan vitamin B-12.
  • Riwayat pernah menjalani operasi pada perut atau usus halus, sehingga anda berkemungkinan mengalami masalah atau gangguan dalam penyerapan vitamin B-12.
Dokter akan membantu anda dalam menemukan sebab-sebab mengapa anda mempunyai kadar vitamin B-12 yang rendah dengan menanyakan beberapa pertanyaan tentang kesehatan anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan memeriksa darah anda di laborat, jika diperlukan.

Dapatkah kita menaikkan kadar vitamin B-12 hanya dengan mengkonsumsi satu pil multivitamin setiap hari?

Kita tidak dapat menaikkan kadar vitamin B-12 kita hanya dengan mengkonsumsi satu pil multivitamin tiap hari. Multivitamin yang tersedia di toko atau toko obat tidak cukup berisi vitamin B-12 untuk menaikkan kadar vitamin B-12 yang rendah. Untuk mendapatkan cukup vitamin B-12 guna menaikkan kadar vitamin B-12, anda akan membutuhkan konsumsi pil-pil vitamin B-12 khusus.

Yang kedua, anda juga bisa memperoleh suntikan vitamin B-12. Biasanya, suntikan vitamin B-12 diberikan setiap 1-2 hari selama 2 minggu. Setelah itu, suntikan vitamin B-12 akan diberikan sekali setiap bulan. Konsultasikan dengan dokter, dokter akan membantu anda dalam memberikan saran dan memutuskan yang manakah pil multivitamin dan suntikan vitamin B-12 yang tepat untuk anda.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP