NEWSREEL

Loading...

Jumat, 12 Juni 2009

Petunjuk Perawatan Mulut (gigi) Malam Hari

Menjaga gigi tetap kuat, gusi tetap sehat, dan senyum ceria tidak hanya pada siang hari, pada malam hari gigi anda juga membutuhkan perlindungan. Donna L. Zak, D.D.S, ahli bidang kesehatan gigi di kota new york, menjelaskan: “kebersihan gigi di malam hari itu penting karena pada saat kita tidur, kita tidak menelan, sehingga bakteri yang ada dalam mulut kita jumlahnya meningkat sepanjang malam ketika kita tidur. Tujuan dari kebersihan mulut dimalam hari adalah untuk menghindari peningkatan jumlah bakteri dan menghilangkan sisa makanan yang masih tertinggal yang bisa menjadi sumber makanan bagi bakteri untuk berkembang”.

Ada tiga langkah-langkah dasar dalam kebersihan mulut di malam hari: menggosok/sikat gigi, membersihkan celah-celah gigi dan membilas dengan pencuci mulut/obat kumur. Dr. Zak mengatakan urutan tidaklah penting, intinya adalah sepanjang partikel-partikel kecil makanan dan plaque/plak bisa bersih dari dalam mulut. Akan tetapi, beliau menambahkan, “ ia lebih menyukai untuk memilih urutan menggosok gigi, membersihkan celah-celah gigi dan kemudian mencuci mulut/membilasnya dengan obat kumur karena dia merasa bahwa menggosok gigi lebih dulu akan memudahkannya dalam membersihkan celah-celah gigi.

Plaque adalah firma-firma melekat yang bisa terbentuk pada semua bagian dari gigi. Plaque mengandung bakteri, hasil dari perlawanan bakteria dan ludah anda. Bakteria plaque memberdayakan gula dan sumber-sumber karbohidrat lain untuk memperbesar dirinya dan membentuk asam-asam dan bisa menimbulkan rongga atau lubang pada gigi.
Langkah-langkah dasar kebersihan mulut malam hari.

Gosok gigi

Menggosok gigi membantu memberikan perlindungan pada gigi anda dari pembentukan plaque dan membusuknya gigi. Menggunakan sikat gigi yang halus dan pasta gigi berfluoride kemudian mulailah menggosok gigi pada sudut 45 derajat kearah gusi. Cara atau metode yang benar, berdasarkan asosiasi gigi amerika (American Dental Association-ADA), adalah dengan menggosok gigi dengan lembut, bolak-balik dalam gerakan jangka pendek. ADA menyarankan agar menggosok lebih dulu permukaan gigi bagian luar, kemudian sampai ke seluruh permukaan dalam gigi dan permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Organisasi assosiasi ADA juga merekomendasikan agar menggunakan jari-jemari sikat untuk membersihkan bagian belakang dari gigi depan dengan pelan-pelan dengan gerakan naik-turun.

Apakah anda sebaiknya menyikat atau menggosok gigi setelah makan malam, sebelum tidur, atau keduanya? Hal ini tergantung pada kepekaan anda terserang penyakit gigi. Karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa resiko terserang pennyakit gigi/sakit gigi bervariasi dari satu orang dengan orang lain, saat ini para dokter gigi mengikuti model medis penyakit gigi untuk menentukan kepekaan pasiennya dan jenis serta tipe perawatan yang mereka perlukan. “ orang–orang yang mempunyai resiko rendah terjadinya gigi berlubang dan penyakit/sakit gusi dapat dipastikan menunggu sampai waktu tidur tiba untuk sikat gigi. Pasien-pasien dengan resiko lebih tinggi akan lebih bagus apabila gosok gigi baik sebelum dan sesudah makan malam dan waktu-waktu akan tidur, demikian yang dikatakan oleh Dr. Zak.


Membersihkan celah-celah gigi

Pembersihan diantara gigi dengan menggunakan kain/tissue halus bertujuan menjangkau plaque yang tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi. Membersihkan celah-celah gigi sedikitnya satu kali sehari yang akan membantu mencegah sakit gusi (periodental). Guna membersihkan celah-celah gigi dengan baik dan semestinya, asosiasi ADA menyarankan mengguanakan kain halus/tissue panjang untaian 18 inchi, lilitkan pada jari tengah anda (untuk mengatur kain halus saat kotor waktu pemebersihan), dan kemudian tahan sisa kain halus/kassa dengan kencang diantara gigi anda. Ketika anda pindah kedepan barisan gusi, belokkan kain halus ke dalam bentuk C dari mulut berlawanan dengan tiap-tiap gigi, gosoklah bolak-balik berlawanan dengan gigi. Saat anda mencapai bagian dari akar gigi, geser kain ke dalam ruang kosong antara gusi dan gigi dan tetap menyikat dengan lembut. Kemudian dengan perlahan gerakkan kain menjauh dari gusi dengan gerakan naik turun, dan ulangi hingga semua bagian gigi, termasuk sisi belakang gigi paling akhir atas dan bawah.


Dr. Zak mengatakan membersihkan celah-celah gigi itu penting karena dengan membersihkan celah-celah gigi memungkinkan anda untuk membersihkan plaque ketika plaque masih halus. “sekali plaque pada gigi anda mengeras dan membentuk karang gigi, hanya seorang ahli yang bisa membersihkannya yaitu dokter gigi atau hygienist gigi/ahli kebersihan gigi. Para pasien yang peka atau rentan sakit gusi atau mudah terbentuk karang gigi pada giginya mungkin perlu membersihkan celah-celah gigi dua kali dalam satu hari.

Membilas dengan Obat kumur terapeutik

Membilas gigi dengan obat kumur terapeutik akan membantu menjaga nafas anda tetap segar, bebas dari plaque dan lubang gigi, dan melindungi gusi aman dari penyakit gingivitis-radang/inflamasi pada gusi. Kebanyakan obat kumur dapat anda beli di toko obat dan apotik, atau dapat anda dapatkan melalui resep dokter. Ikuti petunjuk yang ada dalam label untuk keamanan dan pemakaian yang benar.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP