Jumat, 12 Juni 2009

Hubungan Penyakit kronis dan Kehidupan Seksual Serta Tips Menjaga Hubungan Seksual dengan Pasangan

Penyakit kronis atau kronik adalah suatu masalah kesehatan khususnya penyakit yang sudah berlangsung dalam waktu yang lama, seperti penyakit jantung, diabetes atau kencing manis, arthritis atau kanker. Orang-orang dengan penyakit kronis dapat merasa lelah dan depresi setiap harinya. Mereka mungkin merasakan rasa nyeri, kekakuan atau gangguan dalam pola tidur. Sehingga mereka mungkin memerlukan beberapa obat guna mengatasi timbulnya gejala-gejala gangguan akibat penyakit kronis tersebut melalui pengobatan medis yang mana obat-obat tersebut dapat memberi pengaruh pada kehidupan seksual penderita.

Ada beberapa penderita penyakit kronis karena kondisi penyakit tertentu sehingga melakukan pembedahan yang mungkin dapat merubah kinerja sistem syaraf dan atau bentuk tubuh mereka sehingga mereka tidak merasa tertarik lagi dengan kehidupan seksual yang dulunya mereka sukai.

Beberapa tips untuk menjaga kehidupan seks agar tetap seperti sebelumnya dan mempunyai ketertarikan akan kehidupan seksual pada penderita penyakit kronis.

Pahami kondisi penyakit kronis anda. Ada banyak buku yang dapat membantu diri anda yang membahas tentang hubungan antara kehidupan seksual dengan penyakit kronis tertentu. Anda dapat juga bergabung dengan suatu kelompok yang membantu memberi dukungan dan bantuan dalam mengenali kondisi penyakit kronis anda.

Jika anda mempunyai masalah kesehatan penyakit kronis, berikut ini beberapa tips yang mungkin membantu anda agar siap dalam menjalani hubungan seksual anda.
  • Rencanakan aktifitas seksual anda pada saat anda mempunyai cukup tenaga serta masalah kesehatan atau penyakit kronis anda dalam kondisi terkontrol sehingga tidak mengganggu anda dalam melakukan hubungan seksual.
  • Pastikan anda dalam keadaan tenang, relax atau santai.
  • Tunggu paling tidak 2 jam setelah makan untuk kemudian melakukan hubungan seks dengan pasangan
  • Jika dirasakan anda perlu obat-obat anti nyeri karena kondisi penyakit anda agar merasa nyaman dalam melakukan hubungan seks, minumlah obat tersebut 30 menit sebelum hubungan seks atau aktifitas seksual anda lakukan.
  • Batasi jumlah alkohol yang anda minum, dan hindari menggunakan produk tembakau dalam bentuk apapun. Produk tembakau dan alkohol dapat mempengaruhi fungsi seksual seseorang.
Berikut beberapa tips memlihara atau mepertahankan kehidupan dan hubungan seks dengan pasangan:
  • Pegang tangannya, peluk dan sentuh pasangan anda. Lakukan hal ini bahkan pada saat anda tidak mempunyai rencana melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat membantu kehidupan seksual anda dengan pasangan bertambah harmonis.
  • Gunakan indra perasaan anda untuk membuat aktifitas seksual anda lebih nikmat dan menyenangkan. Misalnya, memasang kain satin pada tempat tidur, memasang lampu lilin bau wangi-wangian atau memutar musik tertentu.
  • Ceritakan kepada pasangan anda mengenai apa yang anda sukai dan tidak anda sukai dan dengarkan apa yang pasangan anda sukai dan tidak sukai dalam menjalankan hubungan seksual.
  • Cobalah melakukan hubungan seksual dengan berbagai macam posisi yang berbeda untuk menemukan posisi hubungan seksual yang nyaman bagi anda dan pasangan anda atau gunakan bantal untuk kenyamanan.
  • Jika anda tidak nyaman pada saat melakukan hubungan seksual/persetubuhan atau lebih dikenal dengan sexual intercouse discomfort cobalah gunakan semacam jelly sebagai lubricants (minyak pelicin).
Komunikasi dengan pasangan adalah hal yang sangat penting.

Bicarakan dengan pasangan bahwa anda memutuskan untuk tidak ingin melakukan hubungan seksual meskipun sudah ada rencana, maksud dan persiapan yang matang untuk berhubungan karena kondisi penyakit kronis anda. Bicarakan dengan pasangan anda tentang bagaimana perasaan anda dan mengapa perasaan itu ada. Bicarakan juga bagiamana anda dapat membantu pasangan anda dalam menghadapai situasi tersebut, perasaanya dan ketertarikan dalam hubungan seksualnya.

Konsultasi dengan dokter.

Konsultasikan dengan dokter tentang apapun kecemasan anda dalam kehidupan seksual anda. Dokter mungkin mempunyai saran-saran yang dapat membantu anda. Ceritakan juga pada dokter jika anda merasa depresi atau jika anda mempunyai perasaan/pikiran bahwa pengaruh-pengaruh dari suatu obat adalah berpengaruh pada kehidupan seksual anda.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP