Jumat, 12 Juni 2009

Hubungan antara Tubuh dan Pikiran: Bagaimana Emosi/Perasaan Berpengaruh Terhadap Kesehatan serta Tips Meningkatkan Kesehatan emosional

Apakah yang disebut dengan kesehatan emosional?. Orang-orang yang mempunyai kesehatan emosional yang baik adalah mereka yang sadar atau menyadari akan pikiran mereka, perasaan mereka dan tingkah laku/perilaku mereka. Mereka telah mempelajari cara-cara sehat untuk mengatasi permasalahan dan stress/tekanan-tekanan yang mana semua itu adalah merupakan bagian dari hidup yang wajar. Mereka merasa sehat akan kondisi dalam diri mereka dan mempunyai hubungan yang sehat.

Meskipun demikian, banyak sekali hal-hal atau kejadian yang terjadi dalam rutinitas kehidupan anda yang dapat mengacaukan dan mengganggu kesehatan emosional anda dan mendorong ke arah timbulnya perasaan sangat sedih, stress, tertekan dan cemas. Hal-hal atau kejadian-kejadian tersebut antara lain:
  1. Pemutusan hubungan kerja atau di PHK dari pekerjaan
  2. Ditinggal pergi anak (karena meninggal, pergi dari rumah) atau pulang ke rumah.
  3. Berususan dengan kematian dari seorang yang dicintai.
  4. Perceraian atau pernikahan.
  5. Menderita suatu penyakit atau cedera
  6. Mendapatkan promosi kenaikan jabatan.
  7. Mengalami permasalah keuangan/finansial
  8. Pindah rumah atau mempunyai momongan/bayi.
Perubahan-perubahan yang baik dapat menjadi tekanan/stress seperti halnya perubahan-perubahan buruk dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana emosi/perasaan dapat mempengaruhi kesehatan?

Tubuh anda merespon terhadap cara anda berpikir, merasakan dan bertingkah laku. Ini yang disebut dengan hubungan tubuh dengan pikiran (mind/body connection). Pada saat anda tertekan, stress, cemas atau kebingungan, sedih, tubuh anda mencoba untuk memberitahukan kepada anda bahwa ada sesuatu yang tidak benar. Sebagai contoh, tekanan darah tinggi atau ulkus atau luka pada usus mungkin akan berkembang lebih parah setelah suatu kejadian khusus yang bersifat sangat menekan/stressful, seperti meninggalnya seseorang yang dicintai dan lain sebagainya.

Berikut ini mungkin tanda-tanda fisik yang menunjukkan kesehatan emosional anda keluar dari batas keseimbangan:
  1. Nyeri punggung
  2. Perubahan dalam selera atau nafsu makan.
  3. Nyeri dada
  4. Diare atau Konstipasi
  5. Mulut kering
  6. Kelelahan berat/ekstrem
  7. Nyeri dan sakit secara umum
  8. Sakit Kepala
  9. Naiknya tekanan darah/hipertensi
  10. Insomnia (gangguan tidur)
  11. Pusing
  12. Palpitation atau jantung berdebar-debar
  13. Gangguan dalam masalah seksual
  14. Nafas pendek/sesak nafas.
  15. Leher kaku/kencang
  16. Berkeringat
  17. Terganggunya perut
  18. Bertambah atau berkurangnya berat badan.
  19. Sakit atau gangguan pada perut
Kesehatan emosional yang buruk dapat memperlemah sistem imunitas atau kekebalan tubuh, menjadikan anda lebih rentan terserang flu dan infeksi-infeksi lain selama kesulitan atau kesehatan emosional buruk. Juga, saat anda merasa tertekan, cemas atau gelisah, anda mungkin tidak melakukan perawatan kesehatan dengan baik sebagaimana yang sebaiknya anda lakukan pada saat kesehatan emosional anda baik. Anda mungkin merasa tidak suka beraktifitas, makan makanan bergizi atau minum obat yang disarankan dan diberikan dokter. Penyalahgunaan dan minum alkohol, merokok atau penyalahgunaan obat terlarang mungkin juga menjadi tanda dari kesehatan emosional yang buruk.

Mengapa dokter perlu mengetahui kondisi emosi anda?

Anda mungkin tidak biasa membicarakan dengan dokter tentang perasaan-perasaan atau masalah-masalah dalam kehidupan pribadi anda. Tetapi ingat, bahwa dokter tidak selalu dapat memberitahukan kepada anda bahwa anda saat ini merasa stress, tertekan, cemas atau gelisah hanya dengan melihat anda. Adalah penting untuk jujur kepada dokter anda jika anda mempunyai perasaan-perasaan tersebut. Pertama, dokter akan memastikan bahwa masalah-masalah kesehatan anda yang lain bukanlah penyebab timbulnya tanda-tanda fisik diatas. Jika tanda-tanda yang muncul bukan disebabkan masalah kesehatan yang lain, anda dan dokter dapat menunjuk bahwa emosi/perasaanlah yang menyebabkan timbulnya tanda-tanda fisik ketidakseimbangan emosi. Dokter mungkin akan menyarankan cara-cara penanganan gejala dan tanda fisik yang anda alami sekaligus bersamaan dengan itu, anda berupaya memperbaiki kesehatan emosional anda.

Jika perasaan-perasaan negatif anda sangat kuat yang mana mereka mencegah diri anda untuk menikmati hidup dan hal tersebut tidak hilang, itu mengindikasikan dengan khusus dan utama bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin mengalami apa yang sering dokter sebut sebagai major depression (DEPRESI BERAT). Depresi adalah suatu kondisi atau penyakit medis yang dapat diobati dengan konsultasi secara individu, obat atau kombinasi dua cara pengobatan tersebut.

Bagaimana anda dapat memperbaiki kesehatan emosional?

Pertama, cobalah untuk mengenal emosi atau perasaan anda dan memahami mengapa anda mengalaminya. Buatlah list dan kelompokkan penyebab dari kesedihan, stress dan kecemasan dalam kehidupan anda. Hal ini dapat membantu anda dalam memanaj atau mengelola atau mengontrol kesehatan emosional anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu.

Nyatakan perasaan-perasaan anda dalam cara-cara yang sesuai/tepat.

Jika anda merasa stress, sedih, cemas yang menimbulkan atau mempengaruhi masalah-masalah fisik, mempertahankan/membiarkan perasaan-perasaan itu tetap ada dapat membuat perasaan anda bertambah buruk. Hal yang baik adalah membiarkan orang terdekat anda mengetahui pada saat sesuatu sedang mengganggu anda. Akan tetapi, sebaliknya tetap memendam perasaan sedih, cemas, stress dalam pikiran anda, membuat keluarga dan orang-orang terdekat anda tidak dapat memberikan bantuan kepada anda dalam menghadapi perasaan-perasaan tersebut secara tepat dan sesuai. Pada kondisi-kondisi dan situasi seperti itu, mintalah seseorang dari luar situasi yang anda alami seperti dokter, seorang konsultan ahli atau penasehat keagamaan untuk memberikan saran dan dukungan guna membantu anda dalam memperbaiki kesehatan emosional anda.

Jalani hidup anda dengan tenang atau seimbang.

Cobalah agar pikiran anda tidak terbelenggu atau terganggu dengan masalah pekerjaan, sekolah atau masalah rumah yang dapat memicu timbulnya perasaan-perasaan negatif pada diri anda. Ini bukan berarti anda harus berpura-pura atau seolah-olah anda senang saat anda merasa stress, tertekan, cemas atau gelisah. Merupakan hal penting untuk menghadapi perasaan-perasaan negatif yang anda rasakan tersebut, tapi cobalah untuk memfokuskan pada hal-hal positif dalam kehidupan anda juga.

Beberapa studi dan penelitian menunjukkan bahwa mempunyai paradigma atau cara pandang yang positif dapat meningkatkan atau memperbaiki kualitas hidup seseorang dan mendorong atau menaikkan tingkat kesehatan seseorang. Anda mungkin juga perlu mencari cara-cara atau metode untuk menghilangkan hal-hal dalam hidup anda yang membuat anda merasa stress atau tertekan.

Tenangkan badan dan pikiran anda.

Metode-metode relaksasi seperti meditasi adalah cara-cara yang bermanfaat yang dapat membawa emosi atau perasaan anda menjadi seimbang. Meditasi adalah suatu bentuk pengendalian pikiran dan bisa dalam bermacam-macam bentuk. Sebagai contoh anda mungkin melakukannya dengan berolahraga, nafas dalam-dalam (tarik dan keluar nafas). Mintalah saran kepada dokter tentang cara atau metode-metode relaksasi.

Perawatan diri sendiri.

Untuk dapat mempunyai kesehatan emosional yang baik, adalah penting untuk melakukan perawatan tubuh dengan beberapa cara antara lain: secara rutin diet atau memakan makanan sehat, cukup istirahat dan tidur dan aktifitas fisik atau berolahraga untuk membebaskan emosi atau perasaan-perasaan terpendam. Hindari makan secara berlebihan dan jangan menggunakan obat-obat terlarang, narkotika atau alkohol. Penggunaan obat-obat terlarang, narkotika atau alkohol hanya menyebabkan masalah-masalah lain disamping masalah emosional yang sudah anda alami, sperti masalah keluarga dan masalah kesehatan.

0 komentar:

About This Blog

Primbon

CHAYANNE YO TE AMO

GIRL GUITARIST PLAY SANTANA

THE REASON-HOOBASTANK

FUNTWO I'M ALRIGHT

FUNTWO

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP